Syarat Pendirian PT Di Bandung (Syarat Khusus Dan Syarat Umum) Yang Harus Dipenuhi

Apabila anda tertarik untuk mengembangkan badan usaha dari CV ke PT dan anda berdomisili di Bandung, maka anda harus tahu syarat pendirian PT di Bandung.  PT atau Perseroan Terbatas sendiri merupakan salah satu bagian dari BUMS (Badan Usaha Milik Swasta). Sejak kebijakan pada era Presiden Jokowi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia dengan mengembangkan usaha-usaha yang ada, semakin banyak pendirian usaha-usaha seperti PT. selain itu kemudahan untuk meminjam dana dari Bank sebagai modal juga semakin mudah. Namun tetap saja dalam pendirian PT tetap ada banyak syarat yang harus dipenuhi agar lebih mudah dan lancar proses pendiriannya.



Sebelum membahas lebih jauh terkait syarat untuk mendirikan PT, lebih baik untuk memahami PT terlebih dahulu. Perseroan Terbatas merupakan sebuah usaha berbadan hukum dimana kepemilikan modalnya berupa obligasi dan atau saham. Modal berupa obligasi atau saham tersebut dapat dijual dan dibeli secara bebas. Perubahan struktur kepemilikan modal dari perusahaan tersebut dapat dilakukan secara bebas tanpa adanya pembubaran perusahaan. Saham atau obligasi ini yang menjadi bukti kepemilikan perusahaan. Kelebihan dari PT adalah harta pribadi yang dimiliki oleh pemilik perusahaan di pisah dari harta perusahaan. Karena itulah apabila perusahaan memiliki hutang melebihi nilai harta perusahaan, maka pemegang saham tidak akan bertanggung jawab terhadap hutang tersebut.


Menurut UU yang ada di Indonesia, yaitu UU no 40 tahun 2007, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan sebuah PT. Syarat tersebut juga terbagi menjadi 2, yaitu syarat umum dan syarat khusus.

1.    Syarat umum

a.    Fotokopi KTP pengurus dan pemilik saham

b.    Fotokopi KK (Kartu Keluarga) penanggung jawab perusahaan atau direktur

c.    Foto berwarna ukuran 3x4 penanggung jawab perusahaan

d.    NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) penanggung jawab perusahaan

e.    Fotokopi surat kepemilikan perusahaan

f.     Surat keterangan domisili

2.    Syarat khusus

a.    Minimal perusahaan didirikan oleh 2 orang

b.    Pendiri perusahaan harus mengambil bagian dari modal saham

c.    Minimal memiliki 1 direktur dan 1 komisaris

d.    Pemilik saham merupakan WNI