Bagaimana Prospek Kerja Psikologi Unpad Tahun 2018?

Bagaimana prospek kerja psikologi unpad tahun 2018? Apakah anda mahasiswa psikologi unpad yang sedang bingung mencari lowongan kerja yang cocok? Universitas Padjadjaran atau yang lebih dikenal dengan sebutan Unpad merupakan salah satu universitas negeri yang berdiri di jantung provinsi Jawa Barat.  Unpad terletak di Kota Bandung, salah satu jurusan dari fakultas ilmu sosial yang menjadi keunggulan di universitas ini adalah jurusan psikologi. Menjadi seorang lulusan psikologi bukanlah kesalahan atau perlu dibimbangkan. Anda pasti sudah tahu bahwa psikologi bukan bidang ilmu pasti yang masuk ke ranah eksakta. Psikologi masuk ke dalam ranah ilmu sosial, yang tidak difahami oleh orang Indonesia adalah bahwa sebenarnya ilmu eksakta tidak jauh lebih penting ataupun lebih penting dari ilmu sosial. Semua bidang keilmuan dibutuhkan dalam dunia kerja. Entah itu ilmu pasti atau bukan, tentunya satu sama lain saling ketergantungan dan bersinergi.

Bagi anda lulusan psikologi unpad atau anda yang ingin masuk ke jurusan psikologi Unpad, jangan menjadikan alasan 'salah pilih jurusan' sebagai hal yang menghambat anda untuk mencari pekerjaan. Prospek kerja psikologi di negara kita masih cukup tinggi, anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan pekerjaan. Bagi anda lulusan psikologi murni atau umum, pilihan pekerjaan sebagai guru atau dosen psikologi masih terbuka luas. Sekarang ilmu psikologi tidak hanya dibutuhkan di tingkat pendidikan tinggi saja. Kebutuhan lulusan psikolog di tingkat pendidikan menengah juga cukup tinggi, bimbingan dan konseling menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat pendidikan menengah yang bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa. Namun hanya jurusan psikologi pendidikan yang bisa mengakses pekerjaan ini.


Lulusan psikologi murni kebanyakan diterima di perusahaan-perusahaan berskala besar. Bidang atau sub bidang di perusahaan yang membutuhkan psikolog adalah di bidang kepegawaian. HRD atau singkatan dari Human Resourche Departement merupakan bidang khusus yang bertugas untuk melakukan proses perekrutan tenaga kerja. Dari proses pembuatan lowongan kerja hingga proses tes menjadi tanggung jawab bagian HRD.