Sejarah Umum Champions League

Champions League merupakan sebuah kompetisi sepakbola yang dilakukan oleh klub-klub besar di benua Eropa. Pertandingan sepakbola tahunan ini diselenggarakan oleh UEFA atau European Football Associations dan dilakukan oleh divisi tertinggi di Eropa. Sama halnya dengan piala dunia, pertandingan tersebut merupakan pertandingan bergengsi yang terjadi di benua Eropa. Pertandingan dunia ini hanya dapat diikuti oleh para juara yang memenangkan liga nasional dan para juara kedua bagi beberapa negara di Eropa yang merupakan anggota dari UEFA. Jika ditelisik lebih jauh, final pertandingan antar klub di benua Eropa ini merupakan pertandingan yang mampu menyita perhatian mata dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut di tahun 2012-2013.

Jika kita menelisik sejarah Champions League, Champions League dibentuk sejak tahun 1955. Sejak 62 tahun yang lalu, pertandingan besar ini diikuti oleh 32 klub besar yang ada di Eropa. Selama pertandingan berlangsung, Real Madrid merupakan klub tersukses dengan peraihan 12 gelar. Real Madrid juga menjadi juara bertahan di musim ini. Champions League sendiri dikenalkan kepada masyarakat umum sejak tahun 1992. Pertandingan besar tersebut merupakan pertandingan yang menggantikan Piala Eropa. Pertama kali pertandingan besar tersebut dipublikasikan, trofi pertandingan dikenal sebagai The Big Ears. Trofi yang sekarang sedang diperebutkan oleh klub besar di Eropa merupakan trofi keenam.


Pertandingan besar Eropa tersebut telah melahirkan juara-juara bertahan dan dikenal baik oleh para pecinta sepakbola di dunia. Real Madrid merupakan klub yang pernah meraih kemenangan hingga 12 kali raihan. Sedangkan Liverpool FC, FC Barcelona dan FC Bayern Munchen merupakan klub lainnya yang pernah memenangkan pertadingan hingga 5 kali raihan. Bagi klub yang pernah memenangkan pertandingan hingga 3 atau 5 kali secara berurutan akan logo pada lengan baju bagian kiri. Tidak hanya itu, klub yang memenangkan Champions League juga akan diberikan gambar berupa piala yang pernah diraih oleh klub tersebut. Itulah penjelasan singkat mengenai Champions League yang patut kita ketahui.